Rabu, 01 Desember 2010

"BATUK - PILEK TAMU RUTIN"

Batuk – Pilek memang penyakit yang begitu dekat dengan kita. Dalam setahun serangan bisa muncul beberapa kali, apalagi pada anak – anak. Sering sekali datangnya, sampai – sampai banyak orang menganggap kedatangannya sebagai “tamu” rutin.

Tak mengherankan kalau batuk – pilek dekat dengan kita, apalagi anak- anak karena merupakan salah satu gejala flu yang gampang sekali menular dan jenis virusnya ada banyak. Konon jumlahnya sampai 200 macam virus yang senantiasa bergentayangan di sekitar kita. Begitu kondisi tubuh sedang drop, virus yang masuk ke dalam tubuh langsung beraksi. Dalam waktu hanya 1-2 hari langsung muncul peradangan pada selaput lendir hidung dan tenggorokan, maka terjadilah gejala flu.

Cukup Air Putih

Reaksi tubuh dalam melindungi paru – paru bisa berupa batuk ringan, bisa juga batuk hebat. Batuk ringan biasanya berupa batuk yang hanya muncul sesekali sebagai upaya tubuh untuk mengeluarkan debu, makanan atau minuman yang nyasar ke paru – paru. Batuk seperti ini dapat diatasi dengan banyak minum air putih saja untuk membersihkan tenggorokan agar kembali nyaman.

GEJALA

Bersin

Radang tenggorokan

Pilek, hidung tersumbat

Batuk

Badan Lesu

Sedikit demam

Sakit kepala

Nyeri sendi

OBAT FLU DARI DAPUR

JERUK NIPIS(CITRUS AURANTIFOLIA, SWINGLE)

Ada kebiasaan di kalangan masyarakat di berbagai Negara meminum air perasan jeruk nipis atau lemon saat batuk. Ada yang meminumnya dengan campuran madu, ada pula yang mencampurkannya dengan kecap manis, sampai ada produsen yang membuat permen batuk rasa lemon.

Melihat kepercayaan masyarakat dan industri terhadap jeruk nipis, para ahli lalu mencari tahu kandungan yang ada pada jeruk nipis sehingga jeruk ini berkhasiat mengusir batuk. Besar kemungkinan, menurut mereka, khasiat itu karena jeruk nipis kaya akan vitamin C dan mengandung senyawa flavonoid yang sifat antioksidannya sangat kuat sehingga virus selesma bisa didepak.

Sementara madu yang ditambahkan pada jeruk nipis atau lemon membantu melegakan iritasi tenggorokan dan mengeluarkan dahak karena made memiliki sifat antiseptik dan ekspektoran.

BUAH DAN SAYUR

Di saat musim selesma, kita disarankan untuk makan buah dan sayur yang kaya vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari batuk dan pilek. Tak hanya mencegah, buah dan sayur juga mampu mengurangi keparahan dan mempersingkat gejala selesma serta membantu mengurangi gejala hidung tersumbat.

JAMUR SHIITAKE / HIOKO (LENTINULA EDODES PEGLER)

Jamur kering berwarna coklat kehitaman ini sebenarnya sudah lama dikenal oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia dengan nama jamur hioko atau jamur shiitake, dalam bahasa Jepangnya.

Penelitian di Jepang menunjukkan, jamur shiitake mengandung polisakarida lentinan yang mampu membantu mengatasi selesma serta mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga batuk-pilek bisa segera menyingkir.

1 komentar:

jonah mengatakan...

Betul-betul tamu rutin memang yang satu ini buat saya,

thanks buat info nya.

Posting Komentar